Tuesday, April 9, 2013

Pentingnya Informasi dalam Pengambilan Keputusan


A.    PENGERTIAN SISTEM INFORMASI.

Suatu sistem adalah suatu jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan, berkumpul bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatan atau untuk menyelesaikan suatu sasaran yang tertentu. Bedasarkan elemen dan komponennya sistem Sistem adalah kumpulan dari elemen-elemen yang berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Jadi dapat disimpulkan bahwa sistem adalah Suatu kumpulan dari jaringan kerja dari prosedur- prosedur yang saling berhubungan dan berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan.
Informasi itu sendiri adalah hasil pengolahan data yang memberikan arti dan manfaat. Sumber informasi itu adalah data. Data yang diolah menjadi bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi yang menerimanya.
Sistem Informasi itu sendiri adalah Sebuah sistem yang menerima sumber daya data sebagai input dan memprosesnya ke dalam produk informasi sebagai outputnya.
Selama ini, terdapat banyak macam perkembangan sistem informasi untuk kebutuhan yang berbeda-beda, tergantung dari kebutuhan bisnis. Transaction Process Systems (TPS) berfungsi dalam level operasional untuk memproses data-data dari transaksi bisnis rutin dalam sebuah organisasi, Office Automation Systems (OAS) mendukung para pekerja yang berkaitan dengan data dan Knowledge Work Systems (KWS) mendukung para pekerja professional. Level sistem yang lebih tinggi terdapat Management Information Systems (MIS) dan Decision Support Systems. Expert System (ES) berlaku untuk ahli dalam pembuatan keputusan untuk memecahkan masalah yang spesifik dan masalah yang tak terstruktur.

B.    PERANAN SISTEM INFORMASI.

Sistem informasi sangatlah dibutuhkan oleh suatu perusahaan maupun organisasi. Hal ini berguna dalam pengembangan perusahaan mereka yang salah satu contohnya adalah bagaimana mereka dapat meningkatkan keunggulan maupun profit mereka di masa yang akan datang. Tanpa adanya informasi yang berguna tentu saja mereka tidak akan bisa menentukan tindakan yang harus mereka lakukan. Proses bisnis pun akan terhambat atau bahkan tidak dapat berjalan tanpa adanya suatu sistem informasi.
Adapun peranan utama dalam sistem informasi yaitu:
  1. Mendukung Operasi Bisnis . Mulai dari akuntansi sampai dengan penelusuran pesanan pelanggan, sistim informasi menyediakan dukungan bagi manajemen dalam operasi/kegiatan bisnis sehari-hari. Ketika tanggapan/respon yang cepat menjadi penting, maka kemampuan Sistim Informasi untuk dapat mengumpulkan dan mengintegrasikan informasi keberbagai fungsi bisnis menjadi kritis/penting .
  2.  Mendukung Pengambilan Keputusan Managerial. Sistim informasi dapat mengkombinasikan informasi untuk membantu manager menjalankan menjalankan bisnis dengan lebih baik, informasi yang sama dapat membantu para manajer mengidentifikasikan kecenderungan dan untuk mengevaluasi hasil dari keputusan sebelumnya. Sistem Informasi akan membantu para manajer membuat keputusan yang lebih baik, lebih cepat, dan lebih bermakna.
  3. Mendukung Keunggulan Strategis. Sistim informasi yang dirancang untuk membantu pencapaian sasaran strategis perusahaan dapat men-ciptakan keunggulan bersaing di pasar.


C.    PERAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN.

Sistem Informasi Manajemen (SIM) dan semua subsitem organisasi, berkontribusi dalam proses pembuatan keputusan dalam banyak cara yang dasar. Saat ini, beberapa dari organisasi menggunakan SIM untuk membantu manager dalam pembuatan keputusan. Contohnya, membantu pembuat keputusan dalam mengekstrak informasi dari database yang besar dari suatu data nasabah bank yang digunakan untuk menentukan dimana ATM akan di bangun.
Power (2002) menyatakan bahwa pembuatan keputusan adalah bagian yang sangat penting dalam pekerjaan di suatu lingkungan bisnis. Sering kali perusahaan membuatan keputusan mengenai improvisasi operasional atau pemilihan peluang bisnis baru yang berguna untuk meningkatkan profit perusahaan. Perusahaan membuat proses pembuatan keputusan berdasarkan pada seseorang yang bertanggung jawab menentukan keputusan dan dalam lingkup operasi perusahaan. Alat yang sangat membantu dalam pembuatan keputusan adalah Sistem Informasi Manajemen.
  •  Organisasi – sumber informasi yang luas

SIM adalah sebuah organisasi – usaha yang bermacam-macam dalam pengadaan informasi yang dibutuhkan untuk mendukung keputusan. Sistem ini merupakan komitmen eksekutif untuk membuat seluruh komputer tersedia untuk semua manajer. SIM mensetting sebuah tempat untuk pencapaian di area yang lain, yaitu DSS, virtual office, dan knowledge based system.
  •  Analisa situasi, indentifikasi masalah dan pengertian masalah

Ide utama dari SIM adalah untuk tetap memberikan arus informasi secara terus menerus kepada manajemen. Setelah data dan informasi terkumpul pada SIM, barulah dibuat keputusan.

No comments:

Post a Comment